Indonesia Website Awards

Lufthansa Harus Kehilangan Gelar Maskapai Bintang 5

By VianSofyansyah - May 16, 2023


Sumber Gambar: Lufthansa

Empat tahun yang lalu, maskapai penerbangan Jerman ini dipromosikan ke dalam lingkaran maskapai penerbangan bintang lima yang terkenal. Kini perusahaan pemeringkat Skytrax kembali menurunkan peringkat Lufthansa menjadi bintang empat.

Ini adalah sensasi kecil. Pada akhir tahun 2017, sebuah maskapai non-Asia menerima peringkat bintang lima dari perusahaan konsultan dan pemeringkat asal Inggris, Skytrax, untuk pertama kalinya. Lufthansa merasa senang pada saat itu karena telah "bergabung dengan lingkaran terpilih dari total sepuluh maskapai penerbangan yang memegang penghargaan yang didambakan".

"Penghargaan ini merupakan pengakuan yang layak atas upaya besar kami untuk menjadikan Lufthansa sekali lagi sebagai salah satu maskapai penerbangan premium terkemuka di dunia," kata CEO Lufthansa Group, Carsten Spohr, setelah pemberian peringkat teratas. Namun hal itu sudah berakhir setelah empat tahun. Lufthansa telah kehilangan bintang kelimanya dan kini hanya mendapat peringkat empat bintang dari Skytrax, seperti yang pertama kali dilaporkan oleh portal Travel Dealz.

Setara dengan para pesaing

Skytrax kini hanya menganggap Kelas Utama Lufthansa sebagai kelas satu. Kelas Bisnis dan Ekonomi Premium mendapatkan empat bintang, sedangkan Ekonomi hanya tiga setengah bintang. Dalam evaluasi Kelas Bisnis, maskapai penerbangan Jerman ini meraih peringkat tertinggi hanya dalam dua dari 53 kriteria; sebagian besar peringkatnya adalah empat bintang.

Ini berarti bahwa Lufthansa sekali lagi dinilai sama dengan banyak pesaing lainnya. Air Canada, Air France, Air New Zealand, British Airways, Ethiopian, Finnair, Iberia, KLM, Oman Air, atau Qantas juga memiliki peringkat empat bintang. Anak perusahaan Lufthansa, Austria, Edelweiss, dan Swiss juga memiliki empat bintang.

Lagi-lagi klub yang seluruhnya berasal dari Asia

Dengan turunnya peringkat Lufthansa, maka klub bintang lima sekali lagi murni berasal dari Asia. Anggotanya adalah: All Nippon Airways, Asiana, Cathay Pacific, Eva Air, Garuda Indonesia, Hainan Airlines, Japan Airlines, Korean Air, Qatar Airways, dan Singapore Airlines. Namun, Skytrax tidak sepenuhnya tanpa kontroversi. Hal ini karena perusahaan ini tidak hanya menilai maskapai penerbangan, tetapi juga memberi saran kepada mereka tentang cara untuk meningkatkan diri. Hal ini secara otomatis menciptakan konflik kepentingan.

"Kami menyadari bahwa telah terjadi perubahan sementara pada peringkat Skytrax," kata juru bicara Lufthansa kepada aeroTELEGRAPH. Grup Lufthansa saat ini menginvestasikan beberapa miliar euro untuk pengalaman perjalanan yang lebih baik. Jumlah ini lebih besar dari sebelumnya dalam sejarah Grup. Investasi yang belum pernah terjadi sebelumnya ini ditujukan untuk memperbarui produk dalam penerbangan dan produk di darat secara keseluruhan. Kami akan memperkenalkan produk unggulan baru untuk penerbangan jarak jauh di keempat kelas perjalanan - Ekonomi, Ekonomi Premium, Bisnis, First - pada saat yang bersamaan."

  • Share:

You Might Also Like

0 comments