Indonesia Website Awards

5 Tips Jitu Lulus Tes TOEIC

By VianSofyansyah - February 19, 2018

Credit: TBE Language Center
Tips Jitu Lulus Tes TOEIC - Hai teman - teman untuk pertama kalinya nih aku posting tentang tips & trik. Semoga gak menyesatkan yaa 🙏 hehe.. Enggak kok, gaada niat menyesatkan 😅. Kali ini aku bakal bahas tips biar lulus tes TOEIC. Udah pada tau kan ya apa itu TOEIC? TOEIC adalah singkatan dari The Test of English for International Communication yang bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh kemampuan kamu berbahasa Inggris di kehidupan sehari - hari. Tes TOEIC ini biasanya diselenggarakan bagi orang - orang yang ingin melamar pekerjaan di perusahaan multinasional (perusahaan yang memiliki cabang di banyak negara) atau di perusahaan yang menggunakan bahasa Inggris di lingkungan kerjanya.

Pada tes TOEIC terdapat 200 soal yang terdiri dari 100 soal listening dan 100 soal reading. Rentang skor yang diberikan adalah 10 - 990 poin. Dan rata - rata perusahaan mematok skor di kisaran angka 500 agar bisa lulus tes TOEIC ini.

Tes TOEIC ini juga diujikan di serangkaian tes masuk beberapa sekolah kedinasan. Seperti yang aku alami waktu tes masuk ikatan dinas GMF - Politeknik Negeri Malang.

Terus tesnya susah gak sih? Semua tergantung niat guys.. Kalo kita tiba - tiba ikut tes tanpa bekal apa - apa ya jelas kita akan gagal di tes TOEIC tersebut. Tapi kalo kita udah nyiapin semuanya dari jauh - jauh hari pasti bakal lulus dengan mudah loh 👍

Oke, dan berikut akan aku bagikan tips jauh - jauh hari agar lulus tes TOEIC berdasarkan pengalaman pribadi dan ini 100% works!

1. Sering - Seringin Nonton Film Bahasa Inggris


Nonton film bahasa Inggris mungkin terkesan bukan hal yang serius, tapi dari sini lah kemampuan mendengar kosakata asing secara tidak sadar akan terlatih. Kalimat - kalimat asing yang tidak pernah kamu dengar akan kamu mengerti dengan bantuan subtitle. Setelah perlahan kamu bisa mulai menguasai bahasa Inggris yang ada di film, mulailah belajar untuk menonton film lain tanpa menggunakan subtitle. Secara sendirinya kamu akan berproses dari yang awalnya tidak bisa mengerti kalimat apa yang kamu dengar dari film tersebut menjadi bisa mendengarkan dan memahaminya di luar kepala. Hal ini akan sangat membantu saat tes TOEIC di listening section.

2. Ngobrol Menggunakan Bahasa Inggris


Salah satu cara untuk menguasai tes TOEIC adalah dengan membiasakan diri untuk ngobrol dengan menggunakan bahasa Inggris itu sendiri. Dengan ngobrol kamu akan mengasah kemampuan cara mengucapkan vocab dalam bahasa Inggris. Hal ini akan sangat berdampak baik saat tes TOEIC nantinya karena akan membantu kamu memahami kosakata jika ada suara yang tidak terdengar jelas saat listening section. Kamu bisa menggunakan waktu luangmu untuk berlatih ngobrol bahasa Inggris ini dengan teman sekelas atau baahkan guru bahasa Inggrismu untuk mengasah kemampuanmu.

3. Ubah Settingan Bahasa di Gadget Kamu ke Bahasa Inggris


Sangat sepele memang, tapi hal ini membuat kita tidak bergantung pada bahasa Indonesia saja. Mengoperasikan gadget yang full menggunakan bahasa Inggris akan melatih kamu untuk memahami kosakata yang jarang kita temui di pelajaran bahasa Inggris sekolah. Jika sudah bisa mengoperasikan gadget dengan bahasa Inggris, lanjutkan dengan menggunakan bahasa Inggris di akun sosmed kamu, sob! Ini juga akan membantu kamu dalam mengerjakan tes TOEIC reading section loh..

4. Perbanyak Baca Buku Berbahasa Inggris


Buku adalah gudangnya vocabularies bahasa Inggris. Di buku kamu bisa menemukan banyak sekali susunan kalimat yang bermacam - macam. Jenis buku berbahasa Inggris ada bermacam - macam, dari komik hingga novel bisa kamu buat sebagai sarana latihan membaca dan memahami bahasa Inggris. Hal ini akan membantu mengasah kemampuanmu dan menunjang saat tes TOEIC reading section.

5. Latihan Soal TOEIC dan Simulasikan


Sekarang di Internet sudah ada banyak sekali website yang menyediakan simulasi tes TOEIC loh, sob. Kamu dapat dengan mudah mengaksesnya di rumah dan melakukan simulasi cukup di depan layar komputer/laptop. Soal latihan yang diberikan pun tidak terbatas sehingga kamu bisa melakukan simulasi sebanyak mungkin hingga kamu menguasai tes TOEIC ini, serta simulasi yang diberikan juga dibuat semirip mungkin dengan teknis aslinya sehingga memudahkan kamu untuk lebih siap menghadapi tes TOEIC yang sesungguhnya.

FootNote:
Untuk dapat lulus tes TOEIC tidak bisa dengan cara yang instan, apalagi tes TOEIC berkaitan dengan bahasa yang cara menguasainya bukan dengan dihafalkan tapi harus dibiasakan. 👍

Semoga Bermanfaat! 👋

  • Share:

You Might Also Like

0 comments