Indonesia Website Awards

Delapan Bandara Berbintang Lima

By VianSofyansyah - February 22, 2018

Credit: SkytraxRatings
Delapan Bandara Berbintang Lima - Setelah sebelumnya membahas tentang sepuluh maskapai penerbangan berbintang lima, sekarang aku akan bahas delapan bandara berbintang lima guys.

Baca juga:
5-Star Airports adalah penghargaan paling prestisius bagi industri bandara yang diselenggarakan oleh lembaga konsultasi penerbangan independen yang berbasis di Inggris, SKYTRAX. Dan menjadi tolak ukur kualitas bagi seluruh bandara di dunia.

Sama seperti sebelumnya, 5-Star Airports ini diurutkan berdasarkan hasil peringkat oleh lembaga konsultasi penerbangan independen SKYTRAX. hasil peringkat ini diambil dari penilaian keberangkatan pesawat, kedatangan pesawat, pengalaman transfer, evaluasi fasilitas bandara, kenyamanan terminal serta kebersihan, pusat perbelanjaan, makanan dan minuman, pelayanan staff, dan keamanan / imigrasi.

Dan berikut adalah list Delapan bandara berbintang lima di dunia :

1. Singapore Changi Airport

Singapore Changi Airport adalah bandara utama bagi masyarakat Singapura dan merupakan salah satu basis transportasi terbesar di Asia Tenggara. Bandara Changi telah menyandang gelar sebagai bandara terbaik di dunia oleh SKYTRAX setiap tahunnya sejak 2013. Bandara ini juga merupakan salah satu bandara tersibuk di dunia baik dari segi penumpang mancanegara dan segi lalu lintas kargo.

Kini Bandara Changi telah menghubungkan penumpang ke lebih dari 200 tujuan penerbangan di seluruh dunia, dengan 5000 keberangkatan dan kedatangan pesawat per minggunya oleh 80 maskapai penerbangan intenasional.

2. Chubu Centrair International Airport
Chubu Centrair International Airport (中部国際空港 Chūbu Kokusai Kūkō) adalah bandara internasional yang berdiri di atas pulau buatan di Teluk Ise, Kota Tokoname, Nagoya, Jepang. Bandara Centrair diklasifikasikan sebagai First Class Airport dan merupakan gerang masuk utama menuju wilayah Chubu, Jepang. Nama 'Centrair' diambil dari cara orang Jepang mengeja kata 'Central' yang berarti dalam bahasa Inggris bandara ini bernama Central Japan International Airport.

Bandara ini merupakan bandara tersibuk ke-8 di Jepang. Di tahun 2014, sekitar 9.8 juta penumpang telah bepergian melalui bandara Centrair. Bandara ini presentase lalu lintas domestik yang cukup tinggi, dengan sejumlah rute penerbangan regional ke beberapa kota di Asia seperti Bangkok dan Singapura. Juga rute penerbangan jarak jauh termasuk Helsinki, Frankfurt, Honolulu, dan Detroit.

3. Haikou Milean International Airport
Haikou Milean International Airport (海口美兰国际机场 Hǎikǒu Měilán Guójì Jīchǎng) adalah bandara yang beroperasi di wilayah Haikou, ibukota provinsi Hainan, China. Bandara ini dibuka tahun 1999 untuk menggantikan Dayingshan Airportyang berlokasi di Guoxing Avenue. Bandara Haikou dikelola oleh perusahaan HNA Infrastructure.

Bandara Haikou merupakan bandara terbesar di provinsi Hainan dan bandara tersibuk ke-17 di China. Tercatat di tahun 2017, sekitar 22 juta penumpang bepergian melalui bandara ini. Bandara Haikou kini telah menjadi basis bagi 36 maskapai penerbangan negara - negara Asia dengan rute penerbangan sebagian besar di seluruh wilayah China dan sebagian lainnya menuju Asia Timur dan Asia Tenggara.

4. Hamad International Airport
Hamad International Airport (مطار حمد الدولي‎, Maṭār Ḥamad al-Duwalī) adalah bandara internasional yang terletak di Doha, ibukota Qatar. Bandara ini menggantikan Doha International Airport sebagai bandara utama di Qatar. Bandara yang dulunya dikenal dengan nama New Doha International Airport ini dijadwalkan dibuka pada tahun 2009, namun setelah melalui beberapa kendala akhirnya bandara ini resmi dibuka pada 30 April 2014 secara simbolis dengan mendaratnya pesawat dari maskapai Qatar Airways. Maskapai penerbangan nasional Qatar, yaitu Qatar Airways secara resmi berpindah basis ke bandara Hamad pada 27 Mei 2014.

Terminal di bandara ini sanggup mengakomodasi hingga 30 juta penumpang tiap tahunnya, dan disebut sebagai bandara dengan kompleks terminal berarsitektural terbaik di dunia, yang juga merupakan bandara termewah.

5. Hong Kong International Airport
Hong Kong International Airport (Chek Lap Kok Airport, 香港國際機場, 赤鱲角機場) adalah bandara utama di Hong Kong. Terletak di pulau Chek Lap Kok, yang sebagian besar konstruksinya dibangun di atas tanah reklamasi di atas laut. Bandara yang mulai beroperasi pada tahun 1998 untuk menggantikan Tai Kak Airport ini dulunya merupakan langganan peraih gelar Airport of the Year di ajang World Airport Awards. Bandara ini memiliki salah satu bangunan terminal terbesar di dunia (terbesar di dunia saat pertama kali dibuka pada 1998).

Bandara Internasional Hong Kong melayani penerbangan menuju 180 rute di seluruh dunia yang dioperasikan lebih dari 100 maskapai, termasuk 44 rute ke wilayah China.

6. Incheon International Airport
Incheon International Airport (인천 국제 공항 Incheon Gugje Gonghang) adalah bandara terbesar di Korea Selatan, bandara utama yang melayani ibukota Seoul, dan salah satu bandara tersibuk di dunia. Bandara Internasional Incheon telah dinobatkan sebagai bandara terbaik di dunia oleh Airport Council International (ACI) serta mendapatkan predikat sebagai bandara terbersih dan bandara transit terbaik di dunia oleh SKYTRAX.

Di tahun 2016, Bandara Internasional Incheon merupakan bandara tersibuk ke-5 dunia dan ke-3 di Asia untuk lalu lintas kargo yang mencapai 2,7 juta ton serta bandara tersibuk ke-19 dunia dan ke-8 di Asia untuk melayani keberangkatan dan kedatangan penumpang yang mencapai hampir 58 juta penumpang.

7. Munich Airport
Munich Airport (Flughafen München „Franz Josef Strauß“) adalah bandara internasional besar yang terletak di Munich, Ibukota negara bagian Bavaria, Jerman. Bandara Munich merupakan bandara tersibuk ke-2 di Jerman setelah Frankfurt Airport dari segi lalu lintas penumpang, dan tersibuk ke-7 di Eropa, Bandara ini melayani 42 juta pelanggan di tahun 2016. Bandara Munich juga merupakan bandara tersibuk ke-15 di dunia dalam segi lalu lintas penumpang mancanegara. Bandara ini digunakan sebagai basis sekunder oleh maskapai Lufthansa.

Bandara Munich memiliki rute penerbangan dengan tujuan hampir ke seluruh dunia Tapi lebih dari itu, bandara ini dilengkapi dengan lebih dari 150 toko retail dan 50 tempat semacam restoran di mana penumpang bisa makan dan minum yang membuatnya terlihat seperti pusat perbelanjaan, memanjakan penumpang dengan banyak hal yang bisa dikunjungi di dalam bandara.

8. Tokyo International Airport
Tokyo International Airport (東京国際空港 Tōkyō Kokusai Kūkō) atau lebih dikenal dengan Haneda Airport (羽田空港 Haneda Kūkō) adalah salah satu dari dua bandara besar di Jepang bersama Narita International Airport. Bandara ini juga basis utama bagi kedua maskapai penerbangan besar di Jepang, yaitu Japan Airlines dan All Nippon Airways. Haneda merupakan bandara utama Jepang yang melayani penerbangan internasional hingga tahun 1978, di tahun 1978 hingga 2010 Haneda lebih berfokus untuk melayani penerbangan domestik, kemudian sejak tahun 2010 Haneda kembali melayani penerbangan mancanegara bersamaan dengan dibukanya runaway keempat bandara ini.

Bandara Haneda berperan penting dalam meningkatnya turis mancanegara yang datang ke Jepang, hal ini ditunjukkan dengan tingginya lalu lintas penumpang tiap tahunnya hingga sebanyak 79 juta penumpang di tahun 2016. Untuk lalu lintas kargo di bandara ini mencapai lebih dari 1 juta ton pada tahun 2015.

✈ 

Dan itulah kedelapan bandara berbintang lima yang tersebar di seluruh dunia. Semoga secepatnya ada bandara dari Indonesia yang masuk daftar bintang lima juga ya guys! 😁

Semoga bermanfaat! 👍

  • Share:

You Might Also Like

0 comments