Indonesia Website Awards

'dokterBaBe' Website Kesehatan yang Kekinian dan Lengkap

By VianSofyansyah - February 01, 2018

Cover by: Cover halaman facebook dokterBaBe
'dokterBaBe' Website Kesehatan yang Kekinian dan Lengkap - Selamat pagi 👋 pada postingan kali ini saya akan mereview sebuah website kesehatan. Ya, ini adalah pertama kalinya sebagai blogger saya bakal review sebuah website. So enjoy! 😁

Website ini adalah dokterBaBe.com - "Hidup Sehat Itu Mudah". Website yang berisikan informasi tentang kesehatan dan disesuaikan dengan pola hidup masyarakat Indonesia. Yang aku suka dari dokterBaBe adalah penggunaan template yang responsif dan tampilannya yang ramah terhadap pengguna.


HALAMAN UTAMA
 
Pada halaman utama pengunjung akan langsung disuguhi dengan berbagai macam artikel dengan lampiran tags yang beragam. Diantaranya adalah kebugaran, gangguan kesehatan, wajah, pencegahan, pengobatan, dan masih banyak lainnya.

Halaman Utama dokterBaBe.com - "Hidup Sehat Itu Mudah"
Artikel - artikel tersebut tersusun rapi sehingga tidak membingungkan pengunjung dalam memilih konten yang ingin dibaca. Hal ini ditunjukkan dengan dibaginya artikel dokterBaBe ke beberapa kategori, yaitu Hidup Sehat, Kecantikan, Ibu dan Bayi, Keluarga, Intim, dan Kesehatan Ibu.

Berdasarkan yang saya amati, artikel yang diunggah nampaknya diurutkan berdasarkan artikel terbaru. Hal ini tampak karena artikel dengan tanggal terdekat selalu berada di top list pada masing - masing kategori. Ini menunjukkan bahwa dokterBaBe selalu memberikan informasi yang fresh bagi para pembacanya.


ARTIKEL
 
Saat dicoba untuk masuk ke salah satu artikel dokterBaBe, artikel tersebut akan langsung terakses dengan cepat tanpa menunggu waktu yang lama untuk memuat widget - widgetnya.

Salah satu artikel dokterBaBe.com - "Hidup Sehat Itu Mudah"
Di artikel tersebut terdapat cover yang berkaitan dengan judul artikel. Pada bagian kiri atas foto tersebut terdapat sebuah tag yang mungkin adalah tema dari judul yang diangkat. Lalu ada tanggal artikel tersebut diunggah dan nama admin yang mengunggah artikel tersebut. Ada satu hal unik yaitu sebuah icon centang di sudut kanan bawah cover yang menandakan artikel tersebut telah diverivikasi oleh 'dr. Kevin'. Saya tidak tahu pasti siapa dr. Kevin itu tapi sepertinya beliaulah orang yang bertanggunjawab atas konten yag diupload para admin dokterBaBe.com - "Hidup Sehat Itu Mudah."

Selain itu terdapat icon dari social media seperti facebook, twitter, google+, email, dan copylink dimana pengunjung bisa membagikan artikel ke social media mereka masing - masing.


BAGAIMANA DENGAN ARTIKEL LAWAS?

Namun tampaknya dokterBaBe tidak ingin begitu saja mengubur artikel - artikel terbaiknya yang sudah tua. dokterBaBe tetap menampilkan artikel terpopuler di bagian sidebar websitenya agar dapat langsung diakses pengunjung walaupun artikel tersebut sudah lama diunggah. Widget artikel terpopuler ini akan muncul di dalam halaman suatu artikel dan tidak muncul di halaman utama. Hmm, cukup cerdik juga ya penataan widget dari dokterBaBe ini hingga tidak mengganggu tampilan di halaman utama.


KEMBALI KE ISI ARTIKEL

Selanjutnya artikel disusun dengan bahasa yang mudah dipahami oleh masyarakat umum. Isi artikel sangat bersahabat menurut saya karena tidak ada bahasa tingkat tinggi yang hanya dipahami oleh seorang profesional di bidangnya, namun orang awam pun dapat memahami isi artikel dengan baik.

Contoh Isi Artikel dokterBaBe - "Hidup Sehat Itu Mudah"
Tak lupa juga dokterBaBe menyisipkan beberapa backlink yang diberi font berwarna oranye pada isi artikelnya untuk memfasilitasi pengunjung yang ingin menuju artikel lain secara langsung tanpa perlu kembali ke halaman utama untuk melakukan pencarian ulang.

INTERAKSI DENGAN PENGUNJUNG?

Ada pula shortcut kecil berwarna biru yang selalu stand by di pojok bawah saat kita berjalan - jalan di website ini, yaitu shortcut konsultasi. Pengunjung akan dengan mudah berinteraksi dengan admin dokterBaBe menanyakan tentang rasa penasarannya atas artikel yang diunggah atau bahkan tentang  keluhan kesehatan yang dialaminya. Fasilitas yang simpel namun sangat bermanfaat tentunya.

Beberapa konsultasi yang diutarakan oleh pengunjung akan ditampilkan di sidebar halaman artikel untuk memudahkan pengunjung lain menemukan pertanyaan atau keluhan yang sama dialaminya.

Ada widget yang menampilkan beberapa konsultasi dari pengunjung

SEMUA OKE, TAPI..

Hanya saja saya menyayangkan dokterBaBe yang tidak mencantumkan sumber dari gambar yang diunggah di artikelnya. Yang dituliskan hanya caption penjelasan dari gambar tersebut dan tidak ada penulisan sumber dari mana gambar tersebut didapatkan.


KOMENTAR PENGUNJUNG


Pengunjung juga dapat meninggalkan komentar atas artikel yang diunggah dokterBaBe tepat setelah penutup.

Kolom Komentar yang Masih Kosong
Rupanya kolom komentar tidak begitu ramai seperti yang saya kira. Tapi saya pikir bukan karena artikel yang kurang menarik, tetapi karena sudah tersedianya fasilitas konsultasi yang nyaman dan lebih dipilih pengguna untuk langsung mendapatkan jawaban dari admin dokterBaBe.com - "Hidup Sehat Itu Mudah".


PENGUNJUNG BISA LEBIH DEKAT JUGA LOH...

Pengguna juga bisa menjadi bagian dari dokterBaBe.com - "Hidup Sehat Itu Mudah" dengan cukup mudah, yaitu cukup dengan mendaftar melalui halaman pendaftaran yang bisa diklik di pojok kanan atas halaman website. (atau daftar di sini)
Halaman Pendaftaran
Tampilan halaman pendaftaran yang simpel dan easy to use membuat penggunjung tidak mengalami kesulitan saat proses pendaftaran. Di samping itu, terdapat pula sebuah quote dari tokoh kesehatan yaitu Anne Wilson Schaef yang berbunyi "Jauh lebih sulit untuk membuat orang sehat daripada membuat mereka sakit." Quote ini bagi saya cukup mempercantik tampilan dari halaman pendaftaran ini

Selain pendaftaran manual, dokterBaBe juga menyediakan pendaftaran melalui akun facebook, twitter, dan google+. Tapi sayangnya saat saya mencoba daftar dengan menggunakan akun google+ tidak ada respon apa - apa dari website dokterBaBe mungkin karena ada bug dalam penulisan kode html website.

Akhirnya saya mencoba daftar melalui akun facebook dan berhasil.

Halaman Profil
Setelah mendaftar pengunjung langsung ditujukan ke halaman profil, di sana pengunjung dapat mengedit data diri seperti umur, tinggi badan, berat badan, dan golongan darah melalui menu setting.

Pada halaman profil terdapat kolom 'Konsultasi Saya' yang memungkinkan pengguna langsung berinteraksi dengan admin dokterBaBe.com - "Hidup Sehat Itu Mudah". Dan satu lagi kolom di sebelahnya terdapat kolom 'Konsultasi Populer' yang berisi beberapa konsultasi dari pengunjung dokterBaBe yang lain.

ANDA INGIN PERGI KE PUSAT KESEHATAN DEKAT RUMAH? MAPPING AJA DI dokterBaBe.com

Bagi Pengguna yang ingin pergi ke pusat kesehatan seperti rumah sakit, klinik, apotek, dan dokter gigi tapi tidak tahu alamatnya, tidak usah bingung karena dokterBaBe menyediakan navigasi berupa peta menuju pusat kesehatan terdekat.

Navigasi Menuju Pusat Kesehatan Terdekat
Menu ini dapat diakses dengan klik 'Cari Rumah Sakit' di menu utama (atau klik link ini) dan anda akan langsung menuju halaman navigasi yang berisi peta. Di peta ini akan tertera lokasi pengunjung berada dan lokasi pusat kesehatan terdekat.

Tapi jangan lupa untuk selalu mengaktifkan fitur gps di gadget anda karena jika tidak lokasi anda tidak akan dapat ditemukan oleh internet.

Cukup membantu bukan?


INGIN TAHU LEBIH LANJUT TENTANG PROFIL dokterBaBe.com - "Hidup Sehat Itu Mudah"?

Pengunjung dapat mengakses menu 'Tentang Kami' untuk mengetahui lebih rinci tentang dokterBaBe.
Halaman Tentang Kami
Di Awal akan diceritakan sekilas tentang sejarah ilmu kedokteran dan kemudian membahas tentang dokterBaBe.com itu sendiri.


INGIN MENYAMPAIKAN KRITIK, SARAN, ATAU INGIN MENGIKLANKAN PRODUK?

Tidak usah kuatir karena kritik dan saran dapat dikirimkan melalui alamat email yang tertera pada halaman 'Kontak'. dokterBaBe menerima kritik dan saran untuk membangun website mereka lebih maju.
Halaman Kontak
DokterBaBe rupanya juga menerima kerjasama dengan bentuk iklan. Memasangkan iklan dari pihak ketiga juga hal penting dari sebuah website untuk terus berkembang karena iklan adalah salah satu sumber pemasukan dari sebuah website.


Footer

Yang terakhir adalah footer. Footer website dokterBaBe cukup cerah dan terkesan fun dengan flat designnya. Terdapat pula karakter berseragam dokter yang sepertinya merupakan maskot dari website ini.

Footer dokterBaBe.com - "Hiddup Sehat Itu Mudah"
Di footer ini terdapat pula kolom konsultasi, kolom berlangganan, backlink menuju halaman tentang kami, kontak, serta syarat dan ketentuan. Dan tercantum pula icon dari social media berupa facebook, twitter, instagram, dan google+ yang jika diklik akan mengantarkan pengunjung menuju akun social media. Lagi - lagi hingga artikel ini dibuat akun google+ dokterBaBe tidak dapat diakses.


Baik dan demikianlah ulasan tentang website kesehatan dokterBaBe.com - "Hidup Sehat Itu Mudah"
Semoga bermanfaat dan menjadi referensi bagi teman - teman semua untuk mendapatkan informasi seputar kesehatan.
Sampai jumpa! 😁

  • Share:

You Might Also Like

5 comments