Indonesia Website Awards

Ini Dia! Sepuluh Maskapai Penerbangan Peraih Predikat Bintang 5

By VianSofyansyah - February 09, 2018

Credit: skytraxratings
Ini Dia! Sepuluh Maskapai Penerbangan Peraih Predikat Bintang 5 - Selamat pagi sobat penerbangan! Di postingan kali ini aku akan membahas tentang penghargaan yang sangat bergengsi bagi maskapai penerbangan di seluruh dunia, Yaitu World's 5-Star Airline. Yuk simak 😀.

World's 5-Star Airline adalah penghargaan prestisius dua tahunan yang diselenggarakan oleh lembaga konsultasi penerbangan independen yang berbasis di Inggris, SKYTRAX. Penghargaan ini hanya diberikan kepada maskapai - maskapai penerbangan terbaik di seluruh dunia. Indikator yang menentukan sebuah maskapai penerbangan itu layak disebut maskapai bintang lima diambil berdasarkan banyak aspek penilaian guys. Dan yang paling utama dinilai adalah produk dan standar yang diberikan oleh masing - masing maskapai penerbangan tersebut.



Dan berikut adalah list maskapai penerbangan bintang 5 per tanggal 8 Februari 2018 (beserta tahun pertama kali gelar tersebut diraih):

1. ANA All Nippon Airways (2013 - sekarang)


ANA All Nippon Airways (全日本空輸株式会社 Zen Nippon Kūyu) adalah maskapai penerbangan terbesar di Jepang yang berkantor pusat di Tokyo. Maskapai ini telah beberapa kali berganti lokasi kantor, diataranya di Shinbashi, Kasumigaseki Building, Tokyo International Airport, dan kini menempati Shiodome City Center sejak tahun 2003.



Maskapai ini memiliki program untuk penumpang setia bernama ANA Mileage Club.

Fitur kabin yang ditawarkan oleh ANA adalah fully-lie-flat bed untuk kelas bisnis yang hampir menyerupai seat di first class, dan juga kabin Fixed Shell Back di kelas ekonomi. Penumpang akan dimanjakan dengan teknologi Audio/Video on Demand (AVOD) yang akan menemani sepanjang penerbangan.

Pemilik slogan Inspiration of JAPAN kini memiliki armada sebanyak 221 pesawat yang terdiri dari Airbus A320, A321, Boeing 737, 767, 777, dan 787. Maskapai ini juga masih memiliki pesanan pesawat berupa raksasa Airbus varian A380 dan juga pesawat jet mini Mitsubishi MRJ-90.

ANA adalah salah satu anggota aliansi Star Alliance memiliki banyak anak perusahaan berupa low-cost carrier yang melayani penerbangan dengan biaya rendah diantaranya Air Japan, ANA Wings, Air Do, Peach, dan Vanilla Wings. Maskapai ini juga memiliki anak perusahaan yang bergerak di bidang pendidikan pilot yaitu IFTA, dan Pan Am International Flight Academy.

2. Asiana Airlines (2007 - sekarang)


Asiana Airlines (아시아나항공 Asiana Hanggong) adalah salah satu dari dua maskapai penerbangan terbesar di Korea Selatan. Maskapai ini berkantor pusat di Asiana Town Building, Seoul. Basis Asiana Airlines berlokasi di Gimpo International Airport dan Incheon International Airport. Di sanalah pusat armada maskapai ini dioperasikan.



Maskapai ini memiliki program untuk pelanggan setia bernama Asiana Club.

Maskapai berslogan 아름다운 사람들 baca: aleumdaun salamdeun (Beautiful People) ini merupakan salah satu anggota dari aliansi Star Alliance yang melayani 14 rute penerbangan domestik dan 90 rute penerbangan internasional bagi pelanggannya. Maskapai ini juga melayani pengangkutan kargo ke 27 rute penerbangan yang tersebar di seluruh dunia, diantaranya ke Eropa, Amerika Utara, dan Oseania.

Hingga 2014, Asiana Airines telah mempekerjakan sekitar 10.000 pegawai.

Asiana Airlines memiliki 100% saham dari maskapai Air Seoul yang merupakan low-cost carrier-nya.

3. Cathay Pacific (2001 - 2002, 2004, 2006 - sekarang)


Cathay Pacific adalah maskapai penerbangan nasional Hong Kong yang berkantor pusat dan berbasis di Hong Kong International Airport. Cathay Pacific kini melayani 180 rute penerbangan yang tersebar di 44 negara. Armada yang dioperasikan oleh maskapai ini seluruhnya merupakan pesawat berbadan lebar seperti Airbus A330, A350, dan Boeing 777. Kemudian untuk melayani pengangkutan kargo maskapai ini menggunakan dua model dari Boeing 747, yaitu Boeing 747-400ERF dan Boeing 747-8F.


Maskapai ini memiliki dua program bagi pelanggan setianya bernama Asia Club dan The Marco Polo Club.

Maskapai yang berslogan Life Well Travelled ini menawarkan 4 kelas bagi penumpangnya diantaranya First Class, Business Class, Premium Economy, dan Economy Class.

In-Flight Entertainment maskapai ini didukung dengan adanya StudioCX dan personal televisi di setiap kursinya. StudioCX telah didukung dengan teknologi Audio/Video on Demand (AVOD). Makanan juga disediakan sebanyak dua kali bagi penumpang penerbangan jarak jauh dan ada juga minuman beralkohol.

Cathay Pacific merupakan salah satu pendiri aliansi Oneworld.

4. Etihad Airways (2016 - sekarang)





Etihad Airways (شركة الاتحاد للطيران sharikat alittiḥād liṭṭayarān) adalah maskapai penerbangan nasional Uni Emirat Arab. Kantor pusatnya berada di Khalifa City, Abu Dhabi dekat dengan Abu Dhabi International Airport. Maskapai ini mengoperasikan lebih dari 1.000 penerbangan per minggu dengan lebih dari 120 penumpang dan tujuan kargo ke Afrika, Eropa, Asia, Timur Tengah, Australia, dan Amerika. Seluruh operasional ini dilaksanakan oleh 122 armada milik Etihad yang terdiri dari berbagai macam varian Airbus dan Boeing. Tercatat pada tahun 2015 Etihad telah mengangkut sedikitnya 14,8 juta penumpang seluruh dunia.


Maskapai yang meraih predikat World’s Best First Class ini memiliki program bagi pelanggan setianya yang bernama Etihad Guest.

Satu hal yang unik dari maskapai berslogan From Abu Dhabi to the World adalah maskapai ini tidak termasuk ke dalam tiga aliansi maskapai besar dunia (Star Alliance, Oneworld, dan SkyTeam), melainkan Etihat justru membentuk aliansinya sendiri yang bernama Etihad Airways Partners. Aliansi ini beranggotakan antara lain Jet Airways, Air Serbia, Air Seychelles dan Etihad Airways itu sendiri.

Terdapat lima kelas layanan yang ditawarkan oleh Etihad, yaitu The Residence (hanya di Airbus 380), The Apartment (hanya di Airbus 380), First Suite (hanya di Boeing 787-9), Business Studio, dan Economy Smart Suite.

Etihad menggunakan Panasonic eX2 dan Thales TopSeries i5000 untuk hiburan penumpang saat dalam penerbangan yang telah disisipi teknologi sistem Audio/Video on Demaand (AVOD).

5. EVA Air (2016 - sekarang)


EVA Air (dieja: E-V-A Air - 長榮航空 Chángróng Hángkōng atau Tióng-êng Hâng-khong) adalah maskapai penerbangan asal Taiwan yang berbasis di Taoyuan International Airport dekat Taipei, Taiwan. Maskapai ini melayani penerbangan penumpang dan kargo ke lebih dari 40 tujuan yang tersebar di Asia, Australia, Eropa, dan Amerika Utara. EVA Air aladah maskapai yang dimiliki oleh swasta dan sepenuhnya beroperasi untuk penerbangan internasional.



Maskapai ini memiliki program bagi pelanggan setianya yang bernama Infinite MileLands.

EVA Air adalah maskapai pertama yang memperkenalkan kelas Premium Economy (disebut Elite Class di EVA Air) sejak 1991 dan kelas ini digunakan untuk penerbangan yang menggunakan armada Boeing 777. Saat ini EVA Air memiliki 5 kelas layanan yang terdiri dari Royal Laurel Class (Khusus Redesign Boeing 777-300ER), Premium Laurel (Airbus 330, Boeing 777, dan 747), Elite Class (Boeing 747, dan 777), Economy Class, (Boeing 747, dan 777), dan New Economy and Elite Cabin (Beberapa Boeing 777-300ER).

Maskapai yang berslogan 分享世界,比翼雙飛  baca: Fēnxiǎng shìjiè, bǐyì shuāngfēi (Sharing the World, Flying Together) ini adalah anggota dari Star Alliance yang juga mendapatkan predikat sebagai World’s Best Airline Cabin Cleanliness karena kebersihan kabinnya yang paling unggul jika dibandingkan maskapai penerbangan lain di dunia.

Hingga artikel ini ditulis Eva Air memiliki 74 unit armada yang terdiri dari Airbus A321, 330, Boeing 747 dan 777. Maskapai ini juga sedang menunggu pemesanan 24 unit armada Boeing 787.

6. Garuda Indonesia (2014 - sekarang)


Garuda Indonesia adalah maskapai penerbangan nasional milik pemerintah Indonesia dan satu - satunya maskapai anggota aliansi SkyTeam yang meraih predikat World's 5-Star Airline.
Garuda Indonesia dulunya merupakan anak perusahaan dari maskapai Belanda KLM Royal Dutch, dan dinasionalisasi oleh pemerintah Indonesia di tahun 1949.

Garuda Indonsia berkantor pusat di Soekarno-Hatta International Airport Tangerang, dekat Jakarta.


Maskapai ini memiliki program bagi penumpang setianya yang bernama GarudaMiles.

Garuda Indonesia yang baru saja memensiunkan dua buah unit Boeing 747-400nya memiliki 4 jenis pesawat yang digunakan untuk penerbangan internasional, regional, maupun domestik. Keempat pesawat tersebut adalah Airbus, Boeing, Bombardier, dan ATR.

Maskapai yang memiliki slogan The Airline of Indonesia ini menawarkan 3 kelas pelayanan yaitu First Class (Hanya di Boeing 777-300ER), Executive Class, dan Economy Class.

Kualitas cabin crew Garuda Indonesia terkenal sangat baik. Hal ini terbukti dengan diraihya predikat World’s Best Cabin Staff selama 4 tahun berturut - turut.

Seluruh kegiatan Maintenance, Repair and Overhoul (MRO) armada Garuda Indonesia dilaksanakan oleh anak perusahaannya yang bergerak di bidang MRO pesawat terbang, GMF AeroAsia. GMF AeroAsia juga menerima pelanggan dari maskapai lain.

Selain itu, Garuda Indonesia juga memiliki anak perusahaan berupa maskapai low-cost carrier berbintang 4, Citilink

7. Hainan Airlines (2011 - sekarang)


Hainan Airlines (海南航空公司 baca: Hǎinán HángkōnggōngsīHái-nâm atau Hang-khun-kông-si) adalah maskapai penerbangan swasta asal China yang berkantor pusat di Haikou, Hainan, China. Hainan merupakan maskapai terbesar ke-empat di asia dalam segi penumpang, hal ini ditunjukkan dengan tujuan penerbangan Hainan yang begitu banyak hingga sedikitnya 500 rute penerbangan di 90 kota.


Maskapai ini memiliki program penumpang setia bernama Fortune Wings Club.

Slogan Maskapai ini adalah 不期而遇 相伴相 baca: Bù qī ér yù xiāngbàn xiāng (Cherished Experience).

Sebagian operasional penerbangan Hainan menggunakan pesawat berbadan kecil (narrow-body aircraft) Boeing 737-800 yang jumlahnya hingga 146 unit armada.

8. Lufthansa (2017 - sekarang)


Lufthansa adalah maskapai penerbangan terbesar di Jerman dan berkedudukan di Köln, Jerman. Maskapai pendiri aliansi Star Alliance ini juga yang terbesar di Eropa jika seluruh aset dari anak perusahaannya digabungkan menjadi satu. Lufthansa merupakan satu - satunya wakil Eropa yang masuk list World's 5-Star Airline.



Program yang disediakan bagi pelanggan setia Lufthansa adalah Miles&More.

Lufthansa memiliki banyak sekali anak perusahaan diantaranya adalah Austrian Airlines, Swiss International Air Lines, Brussels Airlines, and Eurowings termasuk Germanwings yang jika kesemuanya digabungkan maka Lufthansa Group ini total memiliki sedikitnya 600 unit armada pesawat terbang. Paling banyak diantara maskapai lain di Eropa. Lufthansa juga memiliki anak perusahaan yang bergerak di bidang Maintenance, Repair and Overhoul (MRO), Lufthansa Technick.

Basis bandara maskapai yang memiliki slogan 'Say Yes to the World' ini berada pada dua bandara besar di Jerman, yaitu Frankfurt Airport dan Munich Airport.

Ada 4 kelas pelayanan yang disediakan oleh Lufthansa, yaitu First Class, Business Class, Premium Economy Class, dan Economy Class.

9. Qatar Airways


Qatar Airways (القطرية‎ baca: Al Qatariyah) adalah maskapai penerbangan nasional milik pemerintah Qatar. Kantor pusat maskapai ini terletak di Doha, Qatar. Qatar Airways telah memiliki 150 rute penerbangan internasional yang menghubungkan Afrika, Asia Tengah, Eropa, Timur Jauh, Asia Selatan, Timur Tengah, Amerika Utara, Amerika Selatan, dan Oseania dari basisnya di Hamad International Airport.




Penerbangan Qatar Airways menggunakan armada sebanyak 180 unit dan hampir semua varian Airbus dan Boeing dimiliki maskapai ini. Sejauh ini Qatar Airways Group telah memiliki sedikitnya 40.000 pegawai dan sekitar 24.000 diantaranya bekerja langsung untuk Qatar Airways.

Qatar Airways memiliki program bagi penumpang setianya yang bernama Qatar Airways Privilage Club (Qmiles). Maskapai ini memiliki slogan Going Places Together.

Qatar Airways adalah anggota dari aliansi Oneworld dan merupakan maskapai asal teluk Persia pertama yang masuk ke dalam salah satu dari tiga aliansi penerbangan.

Terdapat 3 kelas pelayanan yang ditawarkan oleh Qatar Airways diantaranya First Class, Business Class, dan Economy Class. Selain Airbus A320, seluruh armada Qatar Airways dilengkapi dengan televisi di kursi penumpangnya yang seluruhnya telah menggunakan teknologi Audio/Video on Demand (AVOD). Akses WiFi juga tersedia di hampir seluruh armada maskapai ini.

10. Singapore Airlines (2001 - 2002, 2004, 2006 - sekarang)

Singapore Airlines adalah maskapai penerbangan nasional milik Singapura yang memiliki kantor pusat di Airline House dan berbasis di Changi International Airport. Singapore Airline memiliki beberapa anak perusahaan diantaranya low-cost carrier Silkair yang melayani penerbangan regional dan perusahaan Maintenance, Repair, and Overhoul (MRO) SIA Engineering.



Singapore Airlines adalah maskapai yang mendapat kesempatan me-launching raksasa Airbus A380 untuk yang pertama kalinya. Maskapai ini masuk ke dalam jajaran 15 besar dalam segi pendapatan, dan juga perningkat ke-10 dalam segi jumlah penumpang.

Maskapai yang tergabung dalam aliansi Star Alliance ini memiliki dua program penumpang setia yaitu KrisFlyer dan PPS Club. Slogan yang diusung Singapore Airlines adalah A Great Way to Fly.

Terdapat 5 kelas pelayanan yang ditawarkan maskapai ini, antara lain Singapore Airlines Suites (Khusus Airbus A380), First Class, Business Class, Premium Economy Class, dan Economy Class.

Sebagian besar unit armada Singapore Airlines telah dilengkapi dengan personal televisi di tiap kursi penumpangnya dan berteknologi Audio/Video on Demand (AVOD).




Dan Itulah kesepuluh maskapai penerbangan peraih predikat bintang 5 oleh Skytrax. List maskapai di atas diperkirakan valid hingga tahun 2020 karena selama ini Skytrax penghargaan World's 5-Star Airline diberikan dua tahun sekali. Suatu hal yang tidak mudah tentunya telah dicapai 10 maskapai penerbangan 'pilihan' tersebut.

Masih banyak lagi penilaian - penilaian luar biasa yang belum aku cantumkan karena keterbatasan waktu dan tempat tapi ulasan di atas aku rasa cukup mewakili kelebihan maskapai - maskapai tersebut.


Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan kalian guys! 😄

  • Share:

You Might Also Like

1 comments