Japan Airlines, si Pendatang Baru di Jajaran 5-Star Airline

By VianSofyansyah - March 03, 2019

Di postingan sebelumya aku pernah membahas tentang Maskapai Berbintang 5 yang hanya ada 10 maskapai saja di dunia. Maskapai-maskapai tersebut bukan tanpa alasan menyandang gelar bergengsi itu karena telah melewati proses yang penilaian yang sangat ketat oleh otoritas berwenang yaitu SKYTRAX hingga terpilihlah 10 maskapai terbaik yang kemudian menyandang gelar 5-Star Airline.

Seiring berjalannya waktu, maskapai-maskapai lain juga tak mau kalah untuk berlomba-lomba mendapatkan gelar 5-Star Airline itu. Terbukti bahwa pada 17 Juli 2018 satu lagi maskapai asal Jepang berhasil masuk ke dalam jajaran maskapai berbintang lima. Maskapai tersebut adalah Japan Airlines (JAL), mendampingi maskapai senegaranya All Nippon Airways (ANA) yang lebih dulu masuk ke dalam jajaran elit tersebut.

Japan Airlines Co., Ltd. (JAL) (日本航空株式会社 Nihon Kōkū Kabushiki-gaisha) juga bisa disebut Nikkō (日航), adalah flag carrier asal Jepang. Maskapai ini berkantor pusat di Shinagawa, Tokyo, Jepang, dan main hubsnya berada di Bandara Internasional Narita dan Bandra Internasional Tokyo (Bandara Haneda), serta di Bandara Internasional Kansai dan Bandara Internasional Osaka. Perusahaan JAL Group meliputi Japan Airlines, J-Air, JAL Express, Japan Air Commuter, Japan Transocean Air, dan Ryukru Air Commuter untuk melayani feeder domestik, dan JAL Cargo untuk layanan kargo dan pengiriman surat.

Menurut Skytrax, "penilaian 5-star airline ini mencerminkan standar terbaik telah diberikan oleh pihak maskapai kepada penumpangnya meliputi layanan bandara dan onboard, bersama dengan layanan front-line staff yang konsisten dan berstandar tinggi di lingkungan layanan bandara dan onboard. Penilaian ini dianggap sebagai tolok ukur kelas dunia."

Layanan 5-Star JAL yang disorot:

  • Memenangi penghargaan inflight seat products di hampir semua rute internasional
  • First Class Lounge milik JAL di Bandara Narita memberikan lingkungan mewah dan tenang dengan koki shushi yang selalu siap memanjakan selera calon penumpang. Lalu di First Class Longue Bandara Haneda, calon penumpang dapat menikmati pengalaman bersantap dengan panggangan teppan yang menarik
  • Menghidangkan santapan inflght yang luar biasa
  • Memberikan layanan Wi-Fi gratis di penerbangan domestik Jepang dan program video gratis
  • Cabin crew dan staff bandara yang melayani penumpang dengan baik beserta sentuhan keramahan Jepang

Sebagai tambahan, JAL telah dinobatkan sebagai "Best Economy Class Airline Seats" sekali lagi di agenda tahunan Skytrax World Airline Awards. The World Airline Awards merupakan penghargaan yang paling didambakan oleh industri penerbangan dimana pemenangnya dipilih langsung oleh para pelancong di seluruh dunia yang mengambil bagian dalam statisfaction survey terbesar di dunia itu. Berdasarkan hasil survey tersebut, Economy Class milik JAL terpilih sebagai yang terbaik untuk ketiga kalinya dalam empat tahun terakhir.

Sejak 2013, maskapai ini secara bertahap telah mengimplementasikan kursi "JAL SKY WIDER" di jaringan internasionalnya. Di industri dimana kelas ekonomi menggunakan konfigurasi nine-seats per row, JAL berani mengadopsi 8-abreast layout di pesawat Boeing 787nya, yang memberikan penumpang seat lebih lebar dan ruang kaki lebih untuk menambah kenyamanan.

Dianugerahi sebagai maskapai paling tepat waktu di kawasan Asia-Pasifik oleh FlightStats dalam enam tahun berturut-turut, JAL berkomitmen untuk memberikan penumpang tingkat safety dan quality yang tinggi di berbagai aspek layanannya, dan membidik untuk menjadi salah satu maskapai yang paling dipilih di dunia.

Dengan masuknya JAL di jajaran 5-Star Airline, maka daftar penyandang gelar bergensi tersebut kini telah genap berjumlah sebelas maskapai.

  • Share:

You Might Also Like

1 comments