Citilink, 'Low-cost Carrier' asal Asia Pertama yang Raih Predikat 4-Star Airline

By VianSofyansyah - February 16, 2018

Credit: skytraxratings
Citilink, 'Low-cost Carrier' asal Asia Pertama yang Raih Predikat 4-Star Airline - Selamat malam teman - teman, akhirnya setelah ujian aku bisa posting artikel lagi hehe. Kali ini aku bakal bahas maskapai kebanggaan negeri yang baru aja dapetin predikat sebagai 4-Star Low Cost Airline yaitu Citilink! 👏


Yap, Citilink baru saja mendapatkan penghargaan tersebut dari lembaga konsultasi penerbangan independen SKYTRAX. Penghargaan ini begitu istimewa karena Citilink merupakan low-cost carrier asal Asia pertama yang meraih penghargaan ini dan kemudian disusul low-cost carrier asal China, West Air. Sebelumnya dua maskapai asal Eropa telah mendapatkan penghargaan ini, yaitu Norwegian Air dan Easy Jet asal Inggris.

Penghargaan 4-Star Low Cost Airline ini diserahkan pada 8 Februari 2018 di Singapore Airshow. Penghargaan ini merupakan pengakuan atas kualitas produk yang ditawarkan serta pelayanan staff Citilink melalui banyak penilaian dari segi onboard hingga lingkungan bandara. Proses audit yang dilakukan oleh SKYTRAX terhadap Citilink telah dilakukan sejak tahun 2014 menetapkan Citilink memang pantas mendapatkan penghargaan ini.


Citilink sendiri merupakan low-cost carrier anak perusahaan Garuda Indonesia yang dikhususkan untuk melayani penerbangan domestik dan regional. Berdiri sejak tahin 2001, Citilink resmi beroperasi sebagai Separate Business Entity Garuda Indonesia sejak 2012 dengan full brand overhoul, termasuk desain livery dengan warna baru, website baru, desain interior kabin baru, promosi dan strategi pemasaran yang baru, serta seragam cabin crew baru. Diperkirakan Citilink telah berkontribusi sebesar 30% dari total pendapatan Garuda Indonesia.

Di tahun 2017, Citilink telah menambah 5 rute baru menuju Jayapura, Kendari, Gorontalo, Ambon, dan Silangit, dan satu rute internasional baru menuju Dili, Timor Leste.

Walaupun melayani penerbangan untuk kelas budget, Citilink tetap memberikan pelayanan terbaiknya. Hal ini dibuktikan dengan selalu meningkatnya jumlah penumpang di setiap tahunnya. Penumpang Citilink menunjukkan peningkatan yang signifikan sejak lima tahun terakhir. Di 2012 Citilink tercatat telah mengangkut sebanyak 2,8 juta penumpang. Bertambah hingga 5,3 juta di 2013. Kemudian di 2014 jumlah ini meningkat dengan cepat hingga 8.2 juta dan di 2015 telah menyentuh angka 9,5 juta penumpang, di 2016 jumlah ini mencapai 11,8 juta penumpang, dan di 2017 Citilink telah mengangkut 12,6 juta penumpang.


Kini Citilink telah memiliki total 50 unit armada yang semuanya merupakan  pesawat Airbus, diantaranya 45 unit Airbus A320-200 dan 5 unit Airbus A320neo, dan masih akan bertambah lagi 30 unit Airbus A320neo yang sedang dalam proses pemesanan.

Sekian artikel hari ini, Semoga bermanfaat! 😁

  • Share:

You Might Also Like

1 comments

  1. PK Domain provide cheap webhosting in Pakistan. You can also buy cheap reseller hosting in Pakistan from us. PK Domain Provide Reliable Web Hosting at affordable prices. PK Domain are cheapest, best free web hosting & PK domain registration services provider company in Pakistan, get vps and Dedicated hosting in cheap rates. Our services are available in all cities of Pakistan you can order us via www.pkdomain.com.pk.

    ReplyDelete