Burung Besi Baru Milik Garuda Indonesia

By VianSofyansyah - January 25, 2018

Cover by: Airways Magazine

Burung Besi Baru Milik Garuda Indonesia - Selamat siang para pecinta dirgantara. Kali ini aku bakal bahas pesawat barunya maskapai penerbangan kebanggaan Indonesia, Garuda Indonesia ✈. Yap pesawat yang satu ini adalah Boeing 737-MAX 8.

Boeing 737-MAX 8 adalah pesawat generasi ke-4 dari Boeing 737 series yang merupakan varian terbaru di jenis ini. Dilansir wikipedia, Garuda Indonesia telah memesan 50 unit pesawat ini dan sekarang baru satu unit yang telah datang dan dioperasikan Garuda pada penghujung 2017 lalu.

Pesawat ini merupakan hasil pengembangan dari pendahulunya, yaitu Boeing 737 Next Generation (NG) dimana pesawat ini lebih efisien dari segi bahan bakar, aerodinamik yang lebih maju, dan modifikasi pada kerangka pesawat.

Satu hal yang unik yang paling kentara dari Boeing 737-MAX 8 ini adalah dengan hadirnya scimitar winglet yang terpasang di ujung sayap.


Credit: Twitter
Scimitar winglet ini memiliki tinggi 2.90 m. Tidak seperti winglet lainnya scimitar winglet ini seolah terbelah dua, satu menjulur ke atas dan satu ke bawah sehingga membentuk 'v-shape'. Pada leading edge juga tidak tampak adanya material berbahan logam karena wing tersusun oleh material dan pelapis khusus yang membuat udara mengalir dengan natural.

Interior dari armada baru garuda ini juga didesain oleh innovative Boeing Sky Interior dengan didinding yang terpasang lebih modern, pencahayaan LED juga dapat diatur sesuai kebutuhan, dan fungsi - fungsi lain yang terbarukan.


Credit: Arsip Garuda Indonesia
Pesawat ini berkapasitas 170 penumpang yang terdiri dari 162 kursi ekonomi dan 8 kelas bisnis.

Daya jelajah dari Boeing 737-MAX 8 lebih jauh dari pendahulunya, yaitu sejauh 6.510 km. Dengan jarak tersebut memungkinkan pesawat jenis narrow body ini melayani penerbangan ke luar negeri yang masih regional Asia Tenggara. Kita tunggu saja berita terbarunya😀.

Kemudian panjang fuselage (badan pesawat) adalah 39.52 m dan wingspan (rentang sayap) sepanjang 35.9 m.

Pesawat ini juga dilengkapi dengan konfigurasi cockpit yang lebih ramah terhadap pilot.

Credit: Avionics Magazine
Dengan teknologi display terbaru dari Boeing, pilot dapat lebih mudah mendapatkan informasi dari monitor 15 inch yang lebih besar.

Okee sekian pembahasan tentang armada baru Garuda Indonesia. Sampai Jumpa di postingan selanjutnya 🙌

  • Share:

You Might Also Like

0 comments