Indonesia Website Awards

20 Penemuan Prasejarah yang Mengubah Dunia (Part 1)

By VianSofyansyah - June 04, 2019


ZAMAN PRASEJARAH

Ketika orang mulai mengenal tulisan, kira-kria 5.000 tahun yang lalu, mereka mencatat dan mempelajari peristiwa zaman dahulu. Masa sebelum orang mengenal tulisan disebut Zaman Prasejarah. Tidak ada catatan tertulis, tetapi yang tersisa adalah fosil potongan batu dan tulang, ornamen-ornamen dan lukisan gua-gua, barang-barang tembikar, dan kaca. Dari benda-benda ini kita bisa mengetahui kehidupan manusia zaman dahulu, dan bagaimana cara mereka mengubah dunia.

1. Berjalan dengan dua kaki

Di Tanzania, Afrika. Pemburu fosil telah menemukan jejak kaki yang berusia 3,6 juta tahun. Jejak-jejak itu dibuat  oleh makhluk yang memiliki dua kaki yang berjalan seperti kita. Jejak itu sama seperti jejak yang kamu buat saat berjalan di pasir yang basah di tepi pantai. Jejak itu mungkin dibuat oleh manusia kera yang disebut Australopithecus.

"Lucy" yang tinggal di Afrika lebih dari 3 juta tahun yang lalu adalah salah satu dari makhluk ini. Kera biasanya berjalan dengan empat kaki. Fosil kerangka Lucy menunjukkan bahwa dia berdiri tegak dan berjalan dengan dua kaki seperti kita.

2. Peralatan

Peralatan pertama terbuat dari batu dan abtu koral yang ujungnya tajam. Alat-alat itu dibuat di Afrika kira-kira dua juta tahun yang lalu oleh nenek moyang kita, Homo habilis atau "Manusia Pertukangan". Peralatan ini digunakan untuk membunuh, memotong, dan menguliti hewan. Ini terjadi pada awal Zaman Batu.

Kemudian, peralatan mulai lebih baik, lebih tajam, dan lebih bervariasi. Kira-kira 400.000 tahun yang lalu, jenis manusia berikutnya, Homo erectus telah membuat kapak dari batu, alat pengikis, pemotong, dan pemahat.

3. Api

Beberapa orang Homo erectus tinggal di gua-gua. Pada musim dingin, mereka tidak kedinginan karena menggunakan api. Belajar mengendalikan dan membuat api adalah langkah yang mengagumkan setelah belajar berjalan.

Abu dari fosil, kayu, dan tulang yang terbakar menunjukkan bagaimana mereka membuat api untuk menjaga kehangatan dan memasak makanan. Mereka mungkin menggunakan obor untuk menakut-nakuti hewan liar yang berusaha mencuri makanan mereka.

4. Pakaian


Manusia Pertama, seperti Homo habilis tinggal di Afrika. Mereka mungkin memiliki tubuh berbulu dan suhu yang hangat, sehingga hanya membutuhkan sedikit pakaian.

Spesies kita, Homo sapiens muncul 40.000 tahun yang lalu. Mereka terlihat seperti kita dan menyebar dari Afrika ke tempat yang lebih dingin seperti Eropa. Mereka menemukan jaket bulu dari kulit hewan dan dikalungkan di leher. Bulu diikat dengan tumbuhan menjalar di pergelangan tangan. Itulah pakaian pertama! Akhirnya mereka dapat berburu mammoth di musim dingin pada Zaman Es!

Kira-kira 30.000 tahun yang lalu, di Eropa dan Asia Barat, orang-orang menjahit kulit berbulu dengan jarum dari tulang.

5. Seni

Salah satu seni yang paling awal dikenal adalah gigi mammoth yang dipergunakan sebagai hiasan 100.000 tahun yang lalu. Patung kecil dan model hewan liar dibuat pertama kali oleh orang Eropa kira-kira 30.000 tahun yang lalu.

Setelah itu, muncul lukisan gua yang indah dimulai pada 15.000-20.000 tahun yang lalu di Altamira (Spanyol) dan Lascaux (Perancis). Lukisan itu menunjukkan bahwa orang-orang mulai menghargai keindahan dan hiasan, serta memiliki waktu luang untuk menghiasi ruangan sekitarnya dengan cat!

6. Musik

Di Perancis, di sebuah gua terdapat tapak kaki yang dibuat oleh penari lebih dari 20.000 tahun yang lalu, sedangkat tulang diukir untuk dibaut seruling dan tongkat genderang. Satu tulang terbuat dari kaki kijang, ditemukan di Eropa Utara dan menghasilkan suara seruling saat ditiup. Orang-orang mungkin bernyanyi juga. Zaman Mesir Kuno 6.000 tahun yang lalu, pemusik memainkan seruling, harpa, dan alat musik yang lain.

7. Peribadatan

Pada awalnya, sepertinya seni dan musik dicampur dengan peribadatan dan keagamaan. Kira-kira 60.000 tahun yang lalu orang dengan hati-hati menguburkan orang mati di daerah yang daat ini dikenal sebagai Irak. Mereka meletakkan batu dan menyebarkan bunga di pemakaman. Bentuk lain dari peribadatan adalah berdoa untuk keberhasilan perburuan.

Mengapa orang ingin mencari roh, dewa-dewa, dan nabi-nabi? Mungkin mereka ingin mencari hal-hal misterius  yang terjadi. Dewa-dewa bisa melihat dan memberikan segala sesuatu untuk kehidupan mereka. Juga memberikan 'orang terpilih' seperti pendeta untuk menghubungkan mereka dengan dewa. Pendeta sering memiliki kekuatan yang lebih daripada orang lain! Salah satu pendeta pada zaman itu adalah Zoraster dari Persia kira-kira 3.500 tahun yang lalu.

8. Kota

Gua terasa dingin, gelap, dan berangin. Tenda dari kulit hewan dan cabang-cabang daun bisa diterbangkan angin. Kira-kira 10.000 tahun yang lalu, orang-orang menemukan tanah liat yang bisa dibentuk dan dikeringkan menjadi batu bata dan diletakkan untuk dijadikan bangunan. Saat itu, orang-orang mulai tinggal di bangunan pertama yang sederhana.

Kota Jericho, dekat Laut Mati di Timur Tengah adalah kota pertama yang pernah ada. Kota itu dibangun kira-kira 10.000 tahun yang lalu dan 9.000 tahun yang lalu kota tersebut memiliki tembok luar.

Kota pertama muncul sebagai pusat perdagangan. Akan tetapi, setelah kehidupan di desa berubah, pertanian mulai dikembangkan juga.

9. Pertanian

Pada awalnya orang-orang mendapat makanan dari berburu, mencari kacang, dan buah beri. Pekerjaan ini sangat membahayakan, melelahkan, dan membosankan.

Kira-kria 10.000 tahun yang lalu, orang-orang Timur Tengah memutuskan untuk mengubah cara hidup mereka. Mereka mulai menjinakkan binatang dan menanam biji-bijian. Binatang yang telah jinak seperti kambing dan domba menghasilkan susu, daging, dan wol. Biji-bijian seperti gandum, tumbuh menjadi makanan bergizi. ini merupakan permulaan pertanian dan kehidupan yang lebih mudah untuk menetap.

10. Anggur dan Bir

Banyak buah yang menghasilkan alkohol setelah membusuk secara alami. Dalam upaya mencari makanan yang lebih menarik, beberapa orang mencoba mencicipi buah yang busuk yang membuat mereka berbahagia dan tertawa-tawa. Itulah pertama kalinya mereka mabuk!

Anggur kemudian ditanam secara khusus untuk dibuat minuman. Alkohol dalam anggur menumbulkan rasa enak dan memabukkan.

Minuman anggur difermentasikan pertama kali di Mesopotamia, kira-kira 10.000 tahun yang lalu.

bersambung...
baca kelanjutannya di 20 Penemuan Zaman Prasejarah yang Mengubah Dunia (Part 2) 


Artikel ini dikutip dari buku 53½ Things that Changed the World and Some that Didn't! oleh Steve Parker

  • Share:

You Might Also Like

0 comments